zoom-inlihat foto
Cuka Apel, Bahan Alami dengan Beragam Manfaat untuk Keperluan Dapur
kompas.com
Ilustrasi cuka apel, bahan alami dengan beragam manfaat termasuk keperluan dapur 

TRIBUNSHOPPING.COM - Mendengar kata cuka apel tentu udah tak asing lagi dong.

Bahan alami ini berasal dari buah apel yang difermentasi, jadi cairan yang sangat bermanfaat deh.

Butuh cuka apel berkualitas untuk berbagai keperluan? kamu bisa dapatkan produknya di sini.

Cuka apel ternyata miliki segudang fungsi untuk kehidupan sehari-hari.

Bahan alami dengan bau khasnya yang cukup menyengat ini sering digunakan sebagian besar orang untuk berbagai keperluan loh.

Baik untuk atasi berbagai gangguan kesehatan, masalah kulit, bahkan kebutuhan rumah tangga termasuk dapur.

Wah, multifungsi banget ya? tak heran sih karena cuka apel sendiri memiliki beragam kandungan yang bermanfaat.

Baca juga: Coba Gunakan 5 Bahan Alami Berikut Ini untuk Bersihkan Kaca di Rumah

Kalau untuk kebutuhan dapur, cuka apel bisa kamu gunakan untuk berbagai hal loh.

Bisa jadi salah satu bahan untuk merawat maupun pembersih dapurmu.

Mau tahu apa saja manfaat bahan alami bernama cuka apel ini untuk keperluan dapur?

2 dari 4 halaman

Kali ini TribunShopping akan memberikan uraian 5 manfaat cuka apel bagi keperluan dapur yang dilansir dari berbagai sumber, yuk simak.

1. Bisa untuk Hilangkan Noda Kerak dan Gosong pada Alat Masak

Panci berkerak dan gosong bisa dibersihkan secara mudah dengan cuka apel
Panci berkerak dan gosong bisa dibersihkan secara mudah dengan cuka apel (kompas.com)

Nah, salah satu manfaat cuka apel bagi dapur yakni bisa digunakan untuk melakukan pembersihan alat-alat masak nih.

Saat masak, sering kali peralatan yang kita gunakan akan ternoda oleh sisa-sisa makanan menempel maupun gosong.

Tentu saja hal itu bakal nguras tenaga saat pembersihan nanti, tampilan alat masak juga jadi tak menarik lagi deh.

Salah satu solusi untuk atasi masalah tersebut yakni dengan penggunaan cuka apel nih.

Bragg Apple Cider Vinegar 473ml
Bragg Apple Cider Vinegar 473ml

Cuka apel bisa mengangkat bekas kerak maupun gosong secara perlahan sehingga pembersihannya menjadi mudah.

Kerak pada alat masak akan terangkat dengan bantuan cuka apel, air, dan soda kue yang saling tercampur menjadi larutan

2. Bantu Basmi Lalat yang Mengganggu di Dapur

Penggunaan cuka apel yang dicampur sabun cuci piring bisa bantu basmi lalat di dapur
Penggunaan cuka apel yang dicampur sabun cuci piring bisa bantu basmi lalat di dapur (tribunnews.com)

Pasti kadang kamu kesal kan dengan kehadiran lalat yang terlalu banyak di dapur?

3 dari 4 halaman

Apalagi lalat yang dibiarkan menempel pada makanan bisa timbulkan masalah kesehatan.

Dapur sebagai tempat untuk ciptakan makanan sebisa mungkin harus bersih dong.

Nah, jika saat ini dapurmu banyak lalat, cuka apel bisa jadi salah satu bahan untuk membasminya loh.

Bragg Cuka apel murni 60 ml
Bragg Cuka apel murni 60 ml

Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mencampur cuka apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam sebuah cangkir.

Setelah itu tinggal letakkan saja cangkirnya di area yang sering di datangi lalat, larutan tersebut akan memperangkapnya deh.

Baca juga: Pusing dengan Tampilan Dapur yang Selalu Berantakan? Coba Tips Ini untuk Mempercantik

3. Menghilangkan Bekas Noda Teh maupun Kopi di Gelas

Untuk menghilangkan bekas noda kopi maupun teh di gelas bisa dilakukan dengan cuka apel
Untuk menghilangkan bekas noda kopi maupun teh di gelas bisa dilakukan dengan cuka apel (lifestyle.kompas.com)

Siapa nih yang sering konsumsi kopi maaupun teh hangat di pagi hari?

Pasti noda kopi maupun teh lama kelamaan akan menempel pada bagian dalam gelas dan sangat susah dihilangkan.

Tapi kamu tak perlu risau, gunakan saja cuka apel untuk membersihkan noda membandel tersebut.

Verdure Apple Cider Vinegar (cuka apel) 1 Liter
Verdure Apple Cider Vinegar (cuka apel) 1 Liter

Caranya tak ribet, campurkan air panas dan cuka apel ke dalam cangkir atau gelas dengan perbandingan yang sama.

4 dari 4 halaman

Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kalau sudah kamu bisa menggosoknya dengan sikat baja atau juga bisa ditambah soda kue.

4. Basmi Bau Tak Sedap di Saluran Air atau Wastafel

Terkadang saluran air wastafel akan berbau tak sedap jika jarang dibersihkan, basmi dengan cuka apel
Saluran wastafel akan berbau tak sedap jika jarang dibersihkan, basmi dengan cuka apel (Tribunjualbeli.com)

Bau tak sedap dari wastafel pasti sangat mengganggu kenyamanan saat kamu sedang beraktivitas di dapur.

Kalau dibiarkan jangka panjang pasti tak betah dan baunya makin parah.

Kini ada solusi pembersihan dan pembasmian bau tak sedang yang cukup praktis nih.

Spons cuci bentuk buah
Spons cuci bentuk buah

Pakai cuka apel dong tentunya, dengan campuran soda kue, berbagai bau yang menyengat bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Aktivitas di dapur seperti masak, membuat kue, dan lain-lain lebih nyaman tentunya.

Baca juga: Lantai Kamar Mandi Penuh Kerak dan Noda? Atasi dengan Tips Ini

5. Bantu Bersihkan Buah dan Sayur yang akan Diolah maupun Dikonsumsi

Bersihkan sayur dan buah dengan cuka apel, lebih maksimal dan bebas pestisida
Bersihkan sayur dan buah dengan cuka apel, lebih maksimal dan bebas pestisida (sajiansedap.grid.id)

Kebersihan makanan termasuk buah dan sayur yang akan kamu konsumsi penting banget loh.

Untuk itu, sebelum diolah atau dikonsumsi usahakan untuk mencucinya terlebih dahulu ya.

Kalau kamu pengen hasil cuci lebih maksimal, gunakan cuka apel sebagai salah satu bahan pembersih.

YHOME Baskom Plastik Kotak
YHOME Baskom Plastik Kotak

Tak hanya kotoran bahkan zat kimia seperti pestisida pada sayur maupun buah bisa dibasmi loh.

Kamu cukup campurkan cuka apel dan air dalam sebuah wadah, gunakan untuk merendam buah maupun sayur deh.

(RIFA/TRIBUNSHOPPING.COM)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Tengok 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bantu Suburkan Tanaman Hias di Rumah

Tengok 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bantu Suburkan Tanaman Hias di Rumah

Namun, perlu diketahui bahwa merawat tanaman hias artinya kamu juga harus memperhatikan cara merawatnya agar tetap subur. 

5 Cara Membersihkan Bunga Es, Jaga Kualitas Kulkas dan Freezer Tetap Handal

5 Cara Membersihkan Bunga Es, Jaga Kualitas Kulkas dan Freezer Tetap Handal

Bunga es menumpuk bisa memperpendek masa pakai freezer dan kulkas jadi harus rutin dibersihkan 5 cara ini bisa membantumu mengatasinya secara mudah.

Banyak Jadi Andalan Dapur, Simak Kekurangan dan Kelebihan Alat Masak Berbahan Granit

Banyak Jadi Andalan Dapur, Simak Kekurangan dan Kelebihan Alat Masak Berbahan Granit

Sebelum membeli,perhatikan kelebihan dan kekurangan dari alat masak berbahan granit, memang lebih aman digunakan tapi juga memerlukan perawatan ekstra

Artikel Populer

Review GM Bear Panci Listrik Serbaguna 1226, Masak Beragam Menu Anti Ribet

Review GM Bear Panci Listrik Serbaguna 1226, Masak Beragam Menu Anti Ribet

GM Bear Panci Listrik Serbaguna 1226 dengan beragam fungsi dan keunggulan, cocok untukmu yang hobi mengkreasikan menu termasuk hidangan berkuah

5 Rekomendasi Laptop dengan Prosesor Intel Core i7, Performa Kencang Jadi Andalan

5 Rekomendasi Laptop dengan Prosesor Intel Core i7, Performa Kencang Jadi Andalan

Laptop dengan prosesor Intel Core i7 bisa menjadi pilihan jika pengguna membutuhkan perangkat komputasi portabel yang bertenaga.

5 Aplikasi PDF Reader di Handphone Android, Sangat Bermanfaat untuk Pengguna

5 Aplikasi PDF Reader di Handphone Android, Sangat Bermanfaat untuk Pengguna

Dengan perkembangan teknologi, file PDF pun bisa diakses dan dibaca oleh pengguna melalui perangkat mobile alias handphone yang setiap hari dibawanya.

5 Tips agar Meletakkan Router WiFi di Rumah, Transmisi Sinyal Makin Optimal

5 Tips agar Meletakkan Router WiFi di Rumah, Transmisi Sinyal Makin Optimal

Posisi dan tempat meletakkan router jaringan haruslah diperhatikan dengan benar lantaran dapat mempengaruhi kekuatan sinyalWiFi yang dapat dipancarkan