zoom-inlihat foto
Bersihkan Kipas Angin Tanpa dibongkar? Coba 5 Cara Ini
tribunnews.com
Ilustrasi membersihkan kipas tanpa dibongkar 

TRIBUNSHOPPING.COM - Kipas angin jadi salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang cukup penting keberadaanya.

Apalagi saat cuaca panas dan tak menentu seperti sekarang ini, kadang ruangan akan terasa panas dan pengap banget.

Kipas di rumahmu sudah usang dan ingin beli yang lebih berkualitas lagi? dapatkan produknya di sini.

Keberadaan kipas ini bantu bikin sirkulasi udara di ruanganmu jadi terasa lebih sejuk dan segar deh.

Dengan penggunaan yang sering tersebut, tentu kipas anginmu juga perlu dibersihkan secara rutin nih.

Kebayang dong betapa kotornya kipas kalau digunakan setiap hari, apalagi saat kondisi rumah dipenuhi banyak debu.

Sudah pasti tuh, debu-debu menempel pada baling-baling serta rangka kipasmu.

Kipas yang kotor juga tak baik bagi pernapasanmu, debu-debu bisa saja terhirup.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu bersihkan kipas angin secara rutin nih, tak hanya sejuk, namun udara ruangan lebih bersih pastinya.

Baca juga: Langkah Tepat Sebelum Membeli, Kenali Berbagai Jenis Kipas Angin Sesuai dengan Fungsinya

Tapi proses pembersihannya tak perlu bongkar kipas kok, jadi lebih mudah dan tak butuh tenaga ekstra pastinya.

2 dari 4 halaman

Mau tahu gimana cara pembersihan kipas tanpa dibongkar?

Langsung saja yuk simak 5 tips bersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

1. Bersihkan kipas menggunakan penyedot debu

Penyedot debu bisa jadi salah satu opsi membersihkan kipas tanpa dibongkar
Penyedot debu bisa jadi salah satu opsi membersihkan kipas tanpa dibongkar (kompas.com)

Penyedot debu biasanya digunakan untuk membersihan berbagai permukaan, baik di karpet lantai, sofa, bahkan kasur.

Ternyata kamu juga bisa loh bersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar menggunakan alat penyedot debu.

Untuk proses pembersihannya cukup mudah kok, kamu hanya perlu bawa kipas angin ke area yang cukup luas dan terbuka.

Doziro UV Vacuum Cleaner Anti Tungau
Doziro UV Vacuum Cleaner Anti Tungau

Lalu gunakan alat penyedot debu ini untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada kipas angin dari bagian dalam.

Dengan begitu berbagai kotoran dan debu yang menempel akan lebih bersih dan tak membuat udara kotor.

2. Pakai kompresor udara agar debu dan kotoran yang menempel bisa terlepas dari kipas

Kipas harus rajin dibersihkan agar udara yang dihasilkan lebih bersih
Kipas harus rajin dibersihkan agar udara yang dihasilkan lebih bersih (jogja.tribunnews.com)

Lanjut nih untuk tips mudah selanjutnya yakni pembersihan kipas menggunakan kompresor.

3 dari 4 halaman

Penggunaan kompresor udara untuk membersihkan kipas angin dianggap cukup efektif tanpa perlu repot-repot membongkar deh.

Tapi saat membersihkan kipas dengan kompresor udara, kamu perlu membawanya ke ruangan yang lebih terbuka.

Cosmos 16SDB Stand Fan
Cosmos 16SDB Stand Fan

Pembersihan kipas dengan alat ini bisa lebih menyeluruh loh.

Untuk bersihkan sisa debu dan baling-balingnya bisa kamu bersihkan menggunakan tongkat yang sudah dibalut menggunakan kain microfiber.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kipas Angin Gantung untuk Udara Ruangan yang Lebih Merata dan Hemat Tempat

3. Gunakan blower

Kipas yang bersih tentu lebih nyaman untuk digunakan
Kipas yang bersih tentu lebih nyaman untuk digunakan (kompas.com)

Blower atau alat yang berfungsi untuk menaikkan atau memperbesar udara ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan kipas juga loh.

Namun, pembersihan menggunakan blower ini dirasa lebih cocok untuk debu-debu kipas yang belum terlalu banyak dan menebal.

Mungkin bisa untuk debu yang lumayan tebal, tapi hasilnya tentu tak akan maksimal.

honaga Kain Lap Microfiber
honaga Kain Lap Microfiber

Kalau ingin membersihkan dengan blower, usahakan untuk membawa kipasmu yang kotor ke ruangan terbuka.

Tutupi kipas dengan plastik hitam, kemudian kamu bisa gunakan blower untuk merontokkan debu maupun kotoran yang menempel melalui bagian terluar kipas.

4 dari 4 halaman

4. Bersihkan kipas menggunakan pasir atau garam

Garam bisa jadi salah satu bahan untuk membersihkan kipas tanpa di bongkar
Garam bisa jadi salah satu bahan untuk membersihkan kipas tanpa di bongkar (Unsplash / Faran Raufi)

Ternyata pembersihan kipas tak melulu harus menggunakan alat-alat elektronik.

Kamu bisa menggunakan pasir dan garam, keduanya bisa bantu kamu membersihkan kotoran maupun debu yang menempel pada baling-baling kipas alas, kotak, maupun jendela.

Ingin coba menggunakannya? caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil selembar kertas lalu letakkan kipas di atasnya.

Setelah itu, kamu bisa tuangkan garam maupun pasir yang masih bersih melalui panggangan.

Pasir maupun garam tersebut kemudian akan melewati bilah kipas serta membersihkan debu dan akan jatuh ke kertas.

Jadi, sisa pembersihan tak akan mengotori ruangan deh.

Baca juga: Cuma dengan Bahan Ini, Kamu Bisa Menyulap Kipas Angin Jadi Seperti AC

5. Gunakan pembersih khusus

Ilustrasi membersihkan kipas tanpa dibongkar
Ilustrasi membersihkan kipas tanpa dibongkar (tribunnews.com)

Menggunakan pembersih untuk membersihkan kipas memang hasilnya lebih maksimal.

Namun, cara yang harus dilakukan cukup repot dan cukup menguras tenaga.

Kamu perlu membawa kipas ke ruang terbuka lalu meletakkannya di bawah atau di tanah.

Kemudian, usahakan mesin atau motor kipas kamu lindungi menggunakan plastik atau alat lain agar tak terkena air nantinya.

Lalu kamu bisa pakai pembersih dengan kandungan natrium hipoklorit, semprotkan bahan tersebut pada kipas dan rendam selama beberapa menit di bawah sinar matahari.

Kalau sudah cukup kering, gunakan selang jet untuk membilasnya dengan air bersih.

Jika sudah, tinggal biarkan kipas hingga benar-benar kering deh.

(RIFA/TRIBUNSHOPPING.COM)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Kipas Angin SEKAI HFN 1210 High Velocity Bikin Kost Sejuk Bebas Pengap

Kipas Angin SEKAI HFN 1210 High Velocity Bikin Kost Sejuk Bebas Pengap

SEKAI HFN 1210 High Velocity, kipas angin handal tak membuat kamar kost terasa penuh.

0 views
5 Manfaat Kentang untuk Kebersihan Rumah, Bersihkan Lensa Kacamata Hingga Karat

5 Manfaat Kentang untuk Kebersihan Rumah, Bersihkan Lensa Kacamata Hingga Karat

Tak cuma menjadi hidangan dan camilan lezat, kentang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan beragam benda rumah tangga termasuk pisau dan karpet

1 views
Selain Memanfaatkan Baking Soda, Ini 5 Cara Lain Atasi Kloset Mampet

Selain Memanfaatkan Baking Soda, Ini 5 Cara Lain Atasi Kloset Mampet

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk atasi kloset mampet secara mudah tanpa alat sedot, termasuk menggunakan hanger baju dan baking soda

11 views

Artikel Populer

Kenali 5 Kelebihan Telegram Dibandingkan Aplikasi Chattingan Lain

Kenali 5 Kelebihan Telegram Dibandingkan Aplikasi Chattingan Lain

Telegram adalah perangkat lunak layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis cloud yang dapat dinikmati secara gratis.

172 views
Review BOLDe Super Juicer Jupiter, Pengekstrak Jus Handal Berstandar Food Grade

Review BOLDe Super Juicer Jupiter, Pengekstrak Jus Handal Berstandar Food Grade

BOLDe Super Juicer Jupiter andalan bikin jus segar, sehat dan bernutrisi berbekal motor handal, cakram tajam, kualitas food grade, serta 2 opsi speed

160 views
Kebocoran Data Merajalela, Ketahui 5 Tips Aman Menggunakan Layanan Perpesanan WA

Kebocoran Data Merajalela, Ketahui 5 Tips Aman Menggunakan Layanan Perpesanan WA

Penggunaan layanan perpesanan WA juga harus disertai dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi guna menghindari kebocoran data pribadi.

148 views
Jangan Skip, Inilah 5 Rekomendasi Krim Malam Terbaik, Bisa Bikin Kamu Awet Muda dan Glowing

Jangan Skip, Inilah 5 Rekomendasi Krim Malam Terbaik, Bisa Bikin Kamu Awet Muda dan Glowing

Rutin menggunakan night cream dapat membuat kulit wajah menjadi dua kali lebih cerah pada pagi harinya, simak 5 rekomendasi krim malam terbaik.

143 views